Suara.com – Memasuki musim hujan, satu binatang yang biasanya hadir di rumah dan mengganggu kebersihan rumah adalah laron. Serangga pencari dan pengerubung sumber cahaya ini sebenarnya mencari hawa hangat dari cahaya seperti lampu.

Namun, puluhan atau ratusan laron yang bergerombol, kemudian mati dan jatuh ke lantai, furnitur, atau bahkan makanan dan minuman akan sangat mengganggu kenyamanan Anda dan keluarga. Cara yang paling mudah untuk membasmi laron tentunya dengan mematikan lampu. Walaupun begitu, cara ini juga punya kelemahan sendiri, terutama di malam hari atau hari gelap ketika lampu benar-benar diperlukan.

Masih ada cara-cara lain untuk membasmi laron tanpa Anda harus mematikan lampu dan beraktivitas dalam gelap. Simak enam cara dari Dekoruma berikut ini untuk tahu cara membasmi laron dengan lampu rumah yang tetap menyala.

Ember atau Baskom Isi Air

Cara ini menjadi salah satu cara paling umum membasmi laron selain mematikan lampu. Memanfaatkan air sebagai pantulan cahaya membuat laron akan terbang menuju ke permukaan air karena laron akan mengira bahwa ember berisi air tersebut adalah sumber cahaya. Saat terkena air, laron akan basah, terperangkap karena tidak mampu untuk terbang, dan akhirnya mati di dalam wadah berisi air tersebut.

Semprotan Serangga

Sama seperti serangga lainnya, laron juga akan mati saat disemprot cairan pembasmi serangga berbahan dasar kimia. Satu hal yang perlu diperhatikan, gunakan semprotan serangga saat koloni laron di rumah Anda dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Menyemprot terlalu banyak cairan serangga akan berbahaya untuk kesehatan Anda dan buah hati.

Cabai Merah

Sebagai alternatif semprotan serangga, Anda bisa menggunakan cabai merah sebagai pembasmi serangga, dalam hal ini laron yang alami. Anda cuma perlu menggantung atau meletakkan cabai merah di sekitar lampu yang dikerubungi laron. Panas dari cahaya akan semakin membantu cabai untuk melepaskan ekstrak dan aromanya yang tidak disukai serangga seperti laron.

Lampu Antilaron atau Serangga

Anda juga bisa menggunakan lampu pembasmi serangga berdaya setrum yang biasanya juga digunakan untuk membasmi nyamuk atau lalat. Cahaya ultraviolet yang dipancarkan lampu ini akan menarik laron untuk mendatanginya dan saat hinggap di bohlamnya, laron akan otomatis tersengat aliran listrik dan seketika mati.

Cari dan Basmi Sarangnya

Saat jumlah laron yang menyerbu rumah Anda sudah dalam kondisi yang tidak wajar, Anda bisa mencari sarangnya di rumah untuk kemudian dibersihkan dan dibuang. Sarang laron adalah tempatnya berkembang biak dan apabila tidak dibasmi, laron akan terus-menerus datang ke rumah Anda. Untuk lebih yakin, Anda juga bisa turut mencari akses laron masuk ke rumah untuk kemudian menutupnya sekaligus.

Jasa Pembasmi Serangga

Bila membasmi sendiri sudah tidak memungkinkan dan jumlah laron yang ada dalam jumlah yang benar-benar mengganggu dan tidak wajar, Anda perlu memanggil jasa pembasmi serangga. Secara profesional, mereka bisa dengan lebih mudah mencari sarang laron, membuangnya, menemukan, dan menutup akses laron masuk ke rumah. Rumah Anda dijamin bebas dari laron dan serangga pengganggu lainnya.

Artikel terkait:

Musim Hujan Rawan Rembes, Atasi Retak pada Atap dengan Cat Anti Bocor!
Setelah Rumah Kebanjiran, Lakukan 6 Hal Ini Supaya Rumah Bersih Lagi
Inilah Empat Cara Efektif Membasmi Kutu Kasur!

Source

Tinggalkan Balasan