dari 22 RS untuk pasien positif COVID- 19 di Pekanbaru, saat ini hanya siap 96 ruang isolasi

Pekanbaru (ANTARA) – Lonjakan kasus konfirmasi positif COVID-19 yang mencapai ratusan dalam sepekan terakhir di Kota Pekanbaru, Riau, berakibat nyaris penuhnya ruang isolasi di 22 rumah sakit yang menangani perawatan pasien penyakit menular itu.

“Data per Selasa (15/9/2020) dari 22 rumah sakit yang dapat menampung pasien positif COVID- 19 di Pekanbaru saat ini hanya tersedia 96 ruang isolasi untuk menampung pasien,” kata Plh Kepala Diskes Pekanbaru dr Zaini Rizaldy di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, akibat tren meningkat kasus konfirmasi COVID-19 di angka seratusan maka ruangan isolasi di RS pemerintah dan swasta nyaris penuh.

Baca juga: Pemkot Pekanbaru rekrut 185 tenaga kontrak tangani COVID-19

Ia mengatakan jumlah pasien konfirmasi positif COVID-19 sesuai data dari Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru totalnya sudah 579 orang.

“Mereka menjalani isolasi di 22 rumah sakit yang tersebar di Kota Pekanbaru dan kini ruang isolasi khusus pada tujuh rumah sakit penuh dan tidak mampu lagi menampung pasien positif yang menjalani isolasi,” katanya.

Karena itu lanjut dia, kini Pemerintah Kota Pekanbaru telah menyiapkan rumah sehat di Rusunawa Rejosari untuk pasien positif COVID-19 menjalani isolasi untuk kasus konfirmasi positif tanpa  gejala.

Baca juga: Pekanbaru alami ledakan kasus COVID-19 mencapai 114 orang

Baca juga: Pekanbaru butuh tambahan tenaga kesehatan tangani COVID-19

“Kini sudah tersedia 30 tempat tidur untuk perawatan pasien positif berstatus tanpa gejala yang menjalani isolasi dari kapasitas 360 tempat tidur,” tukasnya.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum dari tim gugus tugas penanggulangan COVID-19 Kota Pekanbaru, jumlah kasus konfirmasi positif baru pada Rabu, 16 September 2020 bertambah 100 orang, delapan orang sembuh dan pulang dari RS, 54 orang sembuh isolasi mandiri, tiga orang meninggal dunia.

Sehingga total pasien positif 1.862 orang dengan rincian 375 orang sembuh dan pulang dari RS, 258 orang sembuh isolasi mandiri, 211 orang masih dirawat di RS, 970 orang isolasi mandiri 38 orang meninggal dunia.

Baca juga: Pekanbaru penyumbang pasien COVID-19 terbanyak di Riau

Baca juga: Riau gunakan Rusunawa untuk rawat pasien COVID-19

Pewarta: Vera Lusiana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber

Tinggalkan Balasan